This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

24 Des 2011

Sepuluh Tips Agar Anak Gemar Belajar Matematika

math
Alangkah bahagianya orang tua bisa melihat anaknya ahli dalam setiap pelajaran. Yang menjadi masalah bagi anak-anak Indonesia biasanya, tidak menyukai pelajaran-pelajaran yang dianggapnya sulit, misalnya matematika. Biasanya, orang tua akan mengkursuskan anaknya, untuk orang tua yang mampu. Akan tetapi, Anda sendiri sebenarnya bisa memaksimalkan kemampuan Belajar Matematika anak-anak Anda. Bagaimana caranya? Berikut ini tips bagi Anda yang dirangkai dari berbagai sumber.
1.    Pastikan Anak anda mengetahui konsep belajar matematika yang ia pelajari.
Jika anak Anda tidak mengetahui dasar dari belajar matematika, maka anak Anda hanya akan mempeelajari matematika dengan hafalan. Padahal, matematika yang dihafal itu tidaklah ada artinya. Anda dapat memberitahukan dasar-dasar matematika pada mereka, sehingga mereka akan mudah memahami soal-soal yang sulit apabila mereka mengetahui dasarnya.
2.    Bantulah mereka dengan menyertakan fakta-fakta.
Penguasaan fakta dasar berarti bahwa anak dapat menjawab pertanyaan kurang dari tiga detik. Rumus praktis belajar matematika dapat Anda anjurkan pada anak Anda agar memperoleh respon yang cepat. Apabila anak Anda belum juga bisa memahami berilah contoh yang nyata. Misalnya, menghitung perkalian dengan memisalkan keramik yang ada pada lantai Anda.
3.    Ajarkan pada anak Anda menulis angka-angka dengan teliti.
Duapuluh lima persen kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika ditemukan oleh pengajar adalah kesalahan yang dikarenakan ketidaktelitian sang anak dalam menulis angka-angka.
4.    Sediakan kebutuhan, yang digunakan anak Anda untuk belajar matematika, dengan cepat.
Matematika adalah sebuah subjek yang semuanya dibangun dari apa yang sebelumnya telah dipelajari. Seabagai contoh, kegagalan dalam mengetahui dasar masalah perhitungan persen biasanya disebabkan oleh sang anak tidak menguasai masalah desimal.
5.    Tunjukkan bagaimana cara menyelesaikan masalah pekerjaan rumahnya
Mengerjakan tugas belajar matematika mempertajam ilmu yang didapat dari sekolah untuk dipelajari di rumah. Ajarkan pada mereka untuk memulai mengerjakan tugas tersebut, dengan membuka buku atau mengulang pelajaran.
6.    Dorong mereka untuk mengerjakan soal lain.
Jika guru hanya memberikan soal-soal tertentu saja, berilah pada anak Anda contoh soal yang lain. Ingat, semakin anak Anda banyak berlatih makin semakin cepat mereka membentuk kemampuan dan kepercayaan diri mereka.
7.    Jelaskan bagaimana cara menyelesaikan masalah soal cerita.
Matematika mempunyai ekspresi, untuk belajar matematika memecahkan masalah, Anda harus memecahkan masalah. Ajarkan pada anak Anda membaca soal cerita berkali-kali.
8.    Bantulah anak Anda mempelajari tata bahasa matematika.
Mereka tidak akan dapat belajar matematika secara nyata, tidak pula mempelajari konsep yang lebih menantang tanpa mengetahui tata bahasanya. Periksalah bahwa anak Anda dapat menemukan dan mengikuti masalah yang baru atau bab baru.
9.    Ajarkan pada mereka untuk mengerjakan metematika ?di luar kepala”
Anak-anak kecil harus banyak menyelesaikan masalah perhitungan dengan menggunakan pensil dan kertas. Ketika membantu anak Anda menyelesaikan sebuah soal, bantulah mereka dengan mendiktekannya tanpa harus menuliskannya, sehingga anak akan berlatih menulis matematika sesuai apa yang dibayangkan.
10.  Jadikanlah matematika bagian dalam hidup anak Anda.
Matematika akan lebih berarti ketika anak Anda melihat bagaimana pentingnya matematika dalam kehidupan ini, dan dapat dilihat dimana-mana. Dorong mereka menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, ta
nyakan pada mereka jarak suatu tumbuhan baru ke suatu titik tertentu.

SELAMAT DISAMPAIKAN
KEPADA PARA SISWA DAN SISWA
YANG TELAH BERPRESTASI
semoga semester depan lebih baik dan menjadi yang terbaik

23 Des 2011

Green School Tumbuhkan Peduli Lingkungan

CIREBON – Kantor LH Kota Cirebon menyosialisasikan Green School dan Green Province tingkat kota, di Hotel Zamrud, Selasa (20/12). Diberikan kepada perwakilan guru dari beberapa sekolah dan pegawai OPD. Untuk mewujudkan Jawa Barat hijau.
Acara yang baru pertama kali dilakukan ini mendapat respons positif dan dukungan dari pemerintah Kota Cirebon. Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Drs H Hasanudin Manap MM, mewakili pemkot. Serta Kadisdik Kota Cirebon, Drs Anwar Sanusi MSi dan Kepala DKP3 Kota Cirebon, Ir H Odi  Suryadi sebagai pembicara.
Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Ir Yati Rohayati mengatakan, sosilaisasi green school dan green province merupakan salah satu upaya peningkatan pengetahuan, dan peranan dalam melestarikan lingkungan. “Diharapkan akan lahir generasi baru yang memiliki komitmen dan karakter peduli terhadap lingkungan dalam rangka mewujudkan Jawa Barat hijau berbasis sekolah,” jelasnya.
Selain itu, kata Yati, sosialisasi itu juga dalam upaya mendukung, mensukseskan rehabilitas hutan lahan. “Kita tumbuhkembangkan minat dan rasa cinta anak-anak terhadap pohon dan lingkungan. Mulai dari pembibitan, penanaman, sampai dengan pemeliharaan pohon,” katanya.
Karena menurut Yati, bumi harus diselamatkan dari ancaman pemanasan global.
Sementara Kadisdik Drs Anwar Sanusi MSi mengatakan, green school merupakan program yang mendorong anak-anak untuk sadar terhadap lingkungan. Dinas pendidikan sendiri, sudah lama mencanangkan dalam bentuk wawasan wiayatamandala.
“Green school mendukung sekolah adiwiyata. Sekolah yang berbudaya lingkungan. Kita mendidik anak untuk berbudaya bersih, memanfaatkan lahan kosong dan sebagainya. Sehingga program green school sangat sejalan dengan wawasan wiayatamandala,” jelasnya.
Menurutnya, green school mendorong anak mencintai lingkungan, mendidik anak bersikap terhadap sampah, dan mengajarkan anak memanfaatkan limbah menjadi bernilai ekonomis. “Pada tahun 2010, SMPN 8 Kota Cirebon mendapat penghargaan sekolah adiwiyata tingkat nasional,” beber Anwar.
Sedangkan Kepala DKP3 Ir H Odi Suryadi mengungkapkan, akibat fenomena global warming, suhu udara di Kota Cirebon sempat mencapai 40 drajat celcius. “Padahal Kota Cirebon hanya kota kecil, tapi panasnya luar biasa. Ini mestinya menjadi keprihatinan bersama,” katanya.
Menurut Odi, Kota Cirebon hanya memiliki lahan kosong sekitar 1300 hektar lahan kosong, dari 3800 hektar luas wilayah. Untuk meminimalisasi pengaruh global warming, telah dibuat program gerbang mekar. Yakni gerakan pengembangan memanfaatkan pekarangan. “Yang penting komitmen kita dalam menjaga lingkungan,” pungkasnya. (hsn)

sumber:
RADAR CIRBON

Peluncuran Portal Belajar: Belajar Tanpa Batas di Rumah Belajar



Luca Farulli
Kementerian Pendidikan Nasional meluncurkan Program Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pembelajaran pada hari Jumat, 15 Juli 2011,. Program ini mencakup portal Rumah Belajar yang bisa diakses melalui alamat http://belajar.kemdiknas.go.id dan media berbasis televisi atau video bagi siswa dengan kebutuhan khusus.

SEPEDA BARU

 
Sepeda baru,  ya… betul sepeda baru. Jika kita menggunakan sepeda baru, yang dapat kita rasakan adalah rasa nyaman dan senang, terlebih apa bila kita sudah lama mengidam-idamkan sepeda tersebut. Pastinya kita akan selalu merawat dan membersihkan sepeda tersebut.
Setiap kali kita menggunakan sepeda tersebut, sebelum diparkir untuk disimpan pasti tidak terlewatkan untuk senantiasa membersihkan dengan menggunakan sehelai kain (serbet), dengan maksud agar sepeda baru tetap terlihat seperti baru dan terawat.
Singkat cerita, berjalannya waktu.. sepeda itu tidak lagi diperlakukan seperti pada saat baru mendapatkannya. Kehujanan dan berdebu sudah tidak diperhatikan lagi hingga berkarat.
Ups.. sudah dlu cerita tentang sepeda baru…. Kita lanjutkan dengan cerita menyambut tahun baru….. berbicara tentang tahun baru, yang terlintas dalam pikiran kita adalah meriah, ramai dan semarak. Terdengar letusan petasan dan kembang api di mana-mana. Indah memang.. pada malam itu kita dimanjakan dengan keindahan yang secara langsung dapat kita nikmati teman-teman dan saudara kita.
Lepas dari pro dan kontra dalam merayakan tahun baru. Apakah kita akan memperlakukan tahun baru ini seperti sepeda baru pada cerita di atas. Kita senan tiasa menjaga dan merawatnya dengan harapan dapat tetap baik dalam segala hal. Apabila ya, bagaimana caranya? apa yang harus kita jaga?, apa yang harus diperbaiki? dan bisa bertahan sampai kapan? apakah bisa sampai tahun baru lagi?
Mudah-mudahan perilaku akhlak kita tidak seperti cerita sepeda dan tahun baru di atas. Semoga tahun baru kali ini menjadikan iman dan ketakwaan kita semakin meningkat. Amin.

Kolom