11 Sep 2012

Operasi Hitung Pada Bilangan Desimal

MATA PELAJARAN      :     Matematika
KELAS / SEMESTER    :     IV (Empat) / 2 (dua)
Standar Kompetensi   :     6.   Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar      :     6. 3. Menjumlahkan pecahan
                                         6. 4. Mengurangkan pecahan
Indikator                     :
-  Siswa dapat menjumlahkan dua hingga tiga  pecahan  desimal
-  Siswa dapat mengurangkan dua hingga tiga  pecahan  desimal
-  Siswa dapat mengalikankan dua  pecahan desimal
-  Siswa dapat membagi dua  pecahan  desimal
-  Siswa dapat mengalikankan pecahan desimal dengan bilangan cacah
Sebelumnya kita sudah mempelajara pengertian pecahan desimal dan cara merubah pecahan menjadi bentuk desimal dan sebaliknya, nah sekarang kita pelajari bagaimana operasi hitung pada pecahan desimal. Kita mulai dari operasi penjumlahan dahulu yaa!
Penjumlahan pecahan desimal 
Sebelum menjumlahkan pecahan desimal, kita perlu mengingat kembali nilai tempat suatu bilangan. Nilai tempat pada pecahan desimal dapat digambarkan sebagai berikut:
Untuk menjumlahkan dua bilangan dengan benar kita harus menjumlahkan angka-angka yang nilai tempatnya sama;
*   ratusan dijumlahkan dengan ratusan
*   puluhan dijumlahkan dengan puluhan
*   satuan dijumlahkan dengan satuan
*   persepuluhan dengan persepuluhan
*   perseratusan dengan perseratusan, dst
Cara yang termudah untuk menjumlahkan dua pecahan desimal, adalah dengan  cara penjumlahan bersusun, dengan meluruskan tanda koma (,). Contoh :
Penjumlahan pada pecahan desimal
Pengurangan pada Pecahan Desimal Cara menyelesaikan operasi pengurangan pada pecahan desimal adalah sama dengan operasi penjumlahan. Kita dapat melakukan pengurangan dengan cara bersusun . Contoh :
Pengurangan pada pecahan desimal
Perkalian pada pecahan desimal Ada dua cara untuk mengalikan pecahan desimal, cara pertama adalah dengan terlebih dahulu merubah bentuk pecahan menjadi pecahan biasa. Contoh :
Cara yang kedua dengan melalui perkalian bertingkat. Contoh :
Pembagian pada Pecahan Desimal: Dalam menyelesaikan pembagian pada pecahan desimal, juga ada dua cara. Cara pertama adalah dengan merubah bentuk menjadi pecahan biasa dahulu. Contoh :
Cara kedua, dengan melalui pembagian bersusun. Caranya adalah sebagai berikut: Contoh :
Bagaimana jika kita akan menjumlah, mengurangkan, membagi atau mengalikan pecahan desimal dengan pecahan biasa, persen atau pecahan campuran? Kita dapat menyelesaikannya dengan terlebih dahulu menyamakan bentuk kedua pecahan. Kita dapat merubah keduanya menjadi pecahan desimal, atau pecahan biasa, tergantung jawaban yang diinginkan.
Apakah kalian dapat memahami materi ini dengan baik? Klik DISINI  untuk menampilkan Multimedia Pembelajaran Interaktif tentang penjumlahan pecahan desimal, beserta soal evaluasi.
**** Semoga Sukses ***
Referensi :           Matematika 5: Untuk Sekolah Dasar Kelas V, penyusun Lusia Tri Astuti dan P. Sunardi, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009           Gemar Matematika 5: untuk kelas V SD/MI/ Y.D. Sumanto, Heny Kusumawati, Nur Aksin; Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. http://abdul.student.umm.ac.id/files/2010/02/Operasi-Hitung-Pada-Pecahan-Desimal.pdf http://p4tkmatematika.org/downloads/sd/Pecahan.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

Kolom