MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : IV (Empat) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 6. 3. Menjumlahkan pecahan
6. 4. Mengurangkan pecahan
Indikator :
- Siswa dapat menjumlahkan dua hingga tiga pecahan desimal
- Siswa dapat mengurangkan dua hingga tiga pecahan desimal
- Siswa dapat mengalikankan dua pecahan desimal
- Siswa dapat membagi dua pecahan desimal
- Siswa dapat mengalikankan pecahan desimal dengan bilangan cacah
Sebelumnya kita sudah mempelajara pengertian pecahan desimal dan cara merubah pecahan menjadi bentuk desimal dan sebaliknya, nah sekarang kita pelajari bagaimana operasi hitung pada pecahan desimal. Kita mulai dari operasi penjumlahan dahulu yaa!
Penjumlahan pecahan desimal
Sebelum menjumlahkan pecahan desimal, kita perlu mengingat kembali nilai tempat suatu bilangan. Nilai tempat pada pecahan desimal dapat digambarkan sebagai berikut:
Untuk menjumlahkan dua bilangan dengan benar kita harus menjumlahkan angka-angka yang nilai tempatnya sama;
* ratusan dijumlahkan dengan ratusan
* puluhan dijumlahkan dengan puluhan
* satuan dijumlahkan dengan satuan
* persepuluhan dengan persepuluhan
* perseratusan dengan perseratusan, dst
Cara yang termudah untuk menjumlahkan dua pecahan desimal, adalah dengan cara penjumlahan bersusun, dengan meluruskan tanda koma (,). Contoh :
Penjumlahan pada pecahan desimal |
Pengurangan pada pecahan desimal |
**** Semoga Sukses ***
Referensi :
Matematika 5: Untuk Sekolah Dasar Kelas V, penyusun Lusia Tri Astuti dan P. Sunardi, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009
Gemar Matematika 5: untuk kelas V SD/MI/ Y.D. Sumanto, Heny Kusumawati, Nur Aksin; Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
http://abdul.student.umm.ac.id/files/2010/02/Operasi-Hitung-Pada-Pecahan-Desimal.pdf
http://p4tkmatematika.org/downloads/sd/Pecahan.pdf
0 komentar:
Posting Komentar