9 Sep 2012

Menjelaskan dan Menanggapi Permasalahan

1. Menjelaskan Permasalahan
Setiap orang pasti pernah mempunyai suatu masalah. Dari majalah, koran, radio, televisi maupun internet, kita dapat mengetahui permasalahan yang terjadi di berbagai tempat. Suatu saat mungkin kita perlu menjelaskan permasalahan yang kita ketahui kepada teman, atau saudara. Mungkin juga suatu saat teman atau saudara kita menceritakan suatu permasalahan yang sedang terjadi, sehingga kita perlu memberikan tanggapan. Bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan atau memberikan tanggapan terhadap suatu persoalan? Simaklah penjelasan berikut ini!

Sebelum menjelaskan permasalahan kita harus mengetahui permasalahannya lebih dahulu.
 
Perhatikan kutipan berita berikut!


 Permasalahan yang terdapat pada teks tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Tanaman padi di Kecamatan Boyolangu dan Kecamatan Gondang,  Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur diserang hama penggerek batang atau sundep.
  2. Petani di dua kecamatan tersebut terancam gagal panen.
  3. Petani berharap pemerintah segera memberikan bantuan obat-obatan.

Selanjutnya, kamu dapat menjelaskannya secara lisan seperti berikut:


”Teman-teman, menurut berita pada situs http://www.perempuan.com, tanaman padi di Kecamatan Boyolangu dan Gondang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, diserang hama penggerek batang atau sundep. Petani di dua kecamatan itu terancam gagal panen. Oleh karena itu, mereka berharap pemerintah segera memberikan bantuan obat-obatan.”



2. Menanggapi Permasalahan
Sekarang, kamu diajak menanggapi permasalahan. Permasalahan di atas dapat kamu tanggapi dengan memberikan saran pemecahan seperti berikut:

a. Kasihan sekali petani di Tulungagung itu, mereka terancam gagal panen. Namun, mereka tidak perlu putus asa. Mereka dapat menghubungi dinas pertanian setempat, untuk meminta petunjuk cara mengatasi hama secara tepat dan cepat.

b. Kalau hama padi itu sudah tidak dapat dikendalikan, sebaiknya berganti tanaman, misalnya, bawang merah atau cabai.

c. Jika padi sudah terlalu rusak, sebaiknya dibabat dan dibakar agar hamanya musnah. Selanjutnya, diganti tanaman lain yang sesuai dengan keadaan tanahnya.

Referensi :
Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia: Untuk SD/MI Kelas V/ Oleh H. Suyatno dkk

0 komentar:

Poskan Komentar

Kolom