Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : V/2
Standar Kompetensi :
1. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar:
6.3 Menjumlahkan pecahan
6.4. Mengurangkan pecahan
Indikator :
Kelas/ Semester : V/2
Standar Kompetensi :
1. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar:
6.3 Menjumlahkan pecahan
6.4. Mengurangkan pecahan
Indikator :
- siswa dapat menjumlahkankan dua bilangan pecahan biasa berpenyebut sama
- siswa dapat menjumlahkan dua bilangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama
- siswa dapat mengurangkan dua bilangan pecahan biasa berpenyebut sama
- siswa dapat mengurangkan dua bilangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama
Menjumlahkan dan Mengurangkan pecahan berpenyebut sama
Cara untuk menjumlahkan maupun mengurangkan dua pecahan yang sama penyebutnya adalah dengan menambah atau mengurangkan pembilangnya saja. Mengapa? Perhatikan contoh berikut!
Contoh lain:
Dapat kalian lihat, untuk mengurangkan pecahan dengan penyebut sama kita hanya perlu mengurangkan pembilangnya saja, sedangkan penyebutnya tetap.
Maka bila kita akan mengurangi 9/15 dengan 5/15, penyelesaiannya adalah sebagai berikut:
Menjumlahkan dan Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama
Untuk dapat menjumlahkan atau mengurangkan dua pecahan yang penyebutnya tidak sama, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyamakan penyebutnya. Setelah penyebut kedua pecahan sama, baru kita dapat melakukan operasi penjumlahan atau pengurangan.
Mengapa kita perlu menyamakan penyebut sebelum melakukan penjumlahan dan pengurangan pada pecahan? Perhatikan contoh di bawah ini!
Jika Difla mempunyai 1/2 kg tepung, kemudian 1/4 kg tepung dipakai untuk membuat kue, berapa kg tepung yang tersisa?
Benar, sisanya 1/4 kg
Jadi dapat kita tulis kalimat matematikanya sebagai berikut:
1/2 - 1/4 = 1/4
Kalian masih ingat materi tentang pecahan yang senilai bukan?
bukankah 1/2 senilai dengan 2/4 ?
Jadi kalimat matematika di atas dapat juga kita tulis: 2/4 - 1/4 = 1/4
Contoh ke dua misalnya warga sebuah kampung sedang melakukan pengerasan jalan kampung sepanjang 1/2 km, hingga pukul 12 siang baru 1/5 km jalan yang selesai dikerjakan, berapa kilometer jalan yang belum selesai dikerjakan?
perlu kalian ingat, 1/2 km = 500 m, dan 1/5 km = 200 m
Jadi jalan yang belum diaspal sepanjang 500 - 200 m = 300 m (300 m = 300/1000 km = 3/10 km)
Maka dapat ditulis:
Setelah mengamati contoh-contoh di atas, dua hal yang harus kalian ingat, pada operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang perlu kita tambah/kurangi hanya pembilang-nya, sedangkan penyebut-nya tetap.
Menyamakan penyebut dilakukan untuk mencari pecahan senilai yang penyebutnya merupakan KPK atau FPB dari penyebut kedua pecahan yang akan kita kurangkan.
Pengurangan pecahan dengan bilangan cacah
caranya dengan meminjam 1 dari bilangan bulat yang akan dikurangi,
contoh :
3 - 1/ 2 = (2+1) - 1/2
= 2 + (1- 1/2)
= 2 1/2klik untuk mengakses soal evaluasi
0 komentar:
Posting Komentar